Praktis Menyusun SOP
02/19/2018 00:00 to 03/16/2018 23:59 (Asia/Jakarta)
Jakarta Pusat,
Harga Earlybird berlaku untuk pendaftaran yang pembayarannya dilakukan maksimal 15 hari sebelum tanggal pelaksanaan tersebut diatas
Menjawab Masalah Apa
Saat kondisi persaingan semakin ketat, konsistensi hasil kerja dan kualitas proses kerja sangat diperlukan untuk meningkatkan dan menjaga kepercayaan pelanggan. Tumpang tindih tugas antar bagian, departemen atau divisi menjadi sukar dihindari. Hal ini memerlukan pengaturan agar tidak terjadi salah komunikasi, konflik antar fungsi atau bahkan melepas tanggung jawab sehingga berakibat menurunnya kinerja organisasi itu sendiri. Solusinya adalah dengan membuat suatu dokumen yang disebut SOP (Standard Operating Procedure).
Manfaat Apa Yang Anda Peroleh
Manfaat apa yang Anda peroleh Setelah mengikuti modul ini peserta diharapkan memahami :
Manfaat SOP Mendistribusikan dan mengaitkan tanggung jawab antar bagian, departemen atau divisi
Menyusun alur kerja menjadi bagan alir (flowchart)
Menyusun dokumen SOP
Mekanisme cara memastikan penerapan SOP
Mengevaluasi dan menyempurnakan SOP
Mensosialisasikan SOP
Menganalisis dan mengantisipasi persoalan potensial penerapan SOP
Apa Saja Yang Dibahas
Modul 1: Dasar-dasar SOP dan Penulisan Prosedur
Sesi 1: Dasar-dasar SOP
Definisi prosedur & SOP
Cakupan & manfaat SOP
Distribusi dan keterkaitan tanggung jawab
Sesi 2: Penulisan SOP
Bagan alir & simbol dalam penulisan prosedur
Penerjemahan mekanisme kerja ke dalam bagan alir
Instruksi kerja (work instruction) dan panduan pekerjaan (job manual)
Modul 2: Penyusunan Dokumen dan Penerapan SOP
Sesi 1: Penyusunan Dokumen SOP
Keterangan prosedur
Keterkaitan antar bagan alir Mekanisme pemastian penerapan SOP
Mekanisme evaluasi dan penyempurnaan SOP
Sesi 2: Penerapan SOP
Cakupan dan manfaat sosialisasi SOP
Umpan balik dari uji coba penerapan SOP
Analisis persoalan potensial penerapan SOP