Praktis Menyusun SOP

02/19/2018 00:00 to 03/16/2018 23:59 (Asia/Jakarta)

Jakarta Pusat,

Keterangan Batas Pembayaran Harga Jumlah

Harga Earlybird berlaku untuk pendaftaran yang pembayarannya dilakukan maksimal 15 hari sebelum tanggal pelaksanaan tersebut diatas

 

Menjawab Masalah Apa

Saat kondisi persaingan semakin ketat, konsistensi hasil kerja dan kualitas proses kerja sangat diperlukan untuk meningkatkan dan menjaga kepercayaan pelanggan. Tumpang tindih tugas antar bagian, departemen atau divisi menjadi sukar dihindari. Hal ini memerlukan pengaturan agar tidak terjadi salah komunikasi, konflik antar fungsi atau bahkan melepas tanggung jawab sehingga berakibat menurunnya kinerja organisasi itu sendiri. Solusinya adalah dengan membuat suatu dokumen yang disebut SOP (Standard Operating Procedure).

Manfaat Apa Yang Anda Peroleh

Manfaat apa yang Anda peroleh Setelah mengikuti modul ini peserta diharapkan memahami :

  • Manfaat SOP Mendistribusikan dan mengaitkan tanggung jawab antar bagian, departemen atau divisi

  • Menyusun alur kerja menjadi bagan alir (flowchart)

  • Menyusun dokumen SOP

  • Mekanisme cara memastikan penerapan SOP

  • Mengevaluasi dan menyempurnakan SOP

  • Mensosialisasikan SOP

  • Menganalisis dan mengantisipasi persoalan potensial penerapan SOP

Apa Saja Yang Dibahas


Modul 1: Dasar-dasar SOP dan Penulisan Prosedur

Sesi 1: Dasar-dasar SOP

  • Definisi prosedur & SOP

  • Cakupan & manfaat SOP

  • Distribusi dan keterkaitan tanggung jawab

Sesi 2: Penulisan SOP

  • Bagan alir & simbol dalam penulisan prosedur

  • Penerjemahan mekanisme kerja ke dalam bagan alir 

  • Instruksi kerja (work instruction) dan panduan pekerjaan (job manual)


Modul 2: Penyusunan Dokumen dan Penerapan SOP

Sesi 1: Penyusunan Dokumen SOP

  • Keterangan prosedur

  • Keterkaitan antar bagan alir Mekanisme pemastian penerapan SOP

  • Mekanisme evaluasi dan penyempurnaan SOP

Sesi 2: Penerapan SOP

  • Cakupan dan manfaat sosialisasi SOP

  • Umpan balik dari uji coba penerapan SOP

  • Analisis persoalan potensial penerapan SOP


Siapa Yang Perlu Ikut

  • Semua level karyawan di semua jenis organisasi yang terlibat dalam proses improvement 

Where

Visualize on Google Maps
PPM MANAJEMEN
Jl. Menteng Raya No. 9 - 19
    Menteng
    Jakarta Pusat JK 10340
+62 21 2300313
+62 21 2302051
info@ppm-manajemen.ac.id

When

From 02/19/2018 00:00
To 03/16/2018 23:59

Organizer

PPM Manajemen Div. Pembelajaran Daring
+62 21 2300313
+62 21 2302051

Social Stream

Participate on Twitter

Find out what people see and say about this event, and join the conversation.

Use this tag: #PPM_Manajemen_Online_Training